Food & Travel

8 Rekomendasi Wisata Pasuruan

0
Please log in or register to like posts.

Kabupaten Pasuruan terletak di jalur utama Pantai Utara yang menghubungkan Provinsi Jawa Timur dan pulau Bali. Di wilayah ada terdapat sejumlah wisata alam, religi maupun buatan yang bisa dijadikan tempat istirahat maupun bersantai bersama keluarga tercinta.

Beberapa diantaranya adalah Taman Safari Indonesia II,  Pantai penunggul, Kebun Kurma Pasuruan hingga air terjun Coban Baung.

Berikut ini 8 daftar rekomendasi tempat wisata di Pasuruan :

 

1.Pantai Karang hitam 

Penamaan pantai ini diambil dari keindahan pantainya yang memukau terutama ketika matahari mulai tenggelam, karang-karang yang ada di pantai tersebut akan berwarna hitam dipadu dengan pasirnya yang berwarna coklat bersih. Menariknya, di pantai Karang hitam, anda juga bisa menemukan perahu 0 perahu berlayar milik nelayan dengan warna yang bervariasi. Pantai ini dikelola oleh pihak desa setempat.

 

2. Air terjun Gumandar Pasuruan 

Curug atau air terjun yang cukup indah ini dinamakan Air Terjun Gumandar. Perbedaannya dengan air terjun pada umumnya, adalah Air Terjun ini tidak memiliki aliran air sungai sebagai sumber untuk bisa mengalir air yang terjatuh dari tebing tetapi air terjun tersebut berasal dari resapan air yang masuk ke tanah. Lokasi Air Terjun ini berada di lereng arjuna dan bisa ditempuh melalui jalur kecamatan Prigen. Anda bisa menemukan beberapa fasilitas seperti area parkir, mushola dan juga tempat istirahat. 

Baca juga :  Menparekraf Sandiaga Uno dan Desa Wisata Widosari

 

3. Air terjun Coban Baung 

Tempat wisata Coban Baung berada di lereng gunung Baung ketinggiannya sekitar 100 meter dan membuat air terjun mampu membentuk butiran air seperti embun yang terbang mencapai 10 meter.  Lokasi Air Terjun ini berada di area tak jauh dari kebun raya Purwodadi Pasuruan. 

 

4. Pemandian Alam Banyu Biru 

Pemandian Alam Banyu Biru merupakan tempat wisata yang cukup populer di Pasuruan, tempat wisata ini merupakan pemandian yang bersumber dari mata air alami yang bisa digunakan sebagai melepas lelah sambil berenang. Tidak hanya itu, Kawasan sekitar lokasi juga masih asri berada di Jalan Raya Banyu Biru Desa Sumberejo Kecamatan Winongan.

Baca juga :  5 Penginapan Murah di Pasuruan Untuk Backpacker

Konon, di kolam pada tempat wisata Banyubiru ada ikan yang dikeramatkan dan tidak boleh ada seorang pun yang menyentuhnya dan dinamakan ikan sengkaring. 

 

5. Wisata Mangrove Nguling 

Anda bisa berkunjung dan memberi edukasi pada anak-anak tentang pentingnya mencintai lingkungan agar terjaga kelestariannya. Kawasan ini menarik para pecinta lingkungan terutama banyak wisatawan bahkan ada juga pengunjung yang datang dari Malaysia Jepang Thailand hingga Australia Lokasinya ada di sawah dan Tambak penunggul Nguling.

 

6. Kebun Pak Budi 

Anda bisa mengajak seluruh keluarga untuk berlibur bersama di kebun pak Budi. Nama tempat wisata tersebut tak lain karena pemiliknya juga bernama Pak Budi. Wisata ini menghadirkan lokasi wisata alam yang mengedukasi untuk semua orang. Ada fasilitas seperti area perternakan dan pertanian organik, outboud dll. Berlokasi di Desa Sekarmojo Kecamatan Purwosari Pasuruan.

Baca juga :  Hari Terakhir Gelaran Tropical Expo 2020 di Pintu Langit Prigen Pasuruan

 

 7. Danau Ranu Grati 

Untuk mencapai danau Ranu Grati, anda hanya butuh waktu sekitar 30 menit saja dari Kota Pasuruan menuju tempat wisata ini. Danau ranu memilik pemdangan cukup bagus dengan latar pegunungan Tengger dan sangat cocok saat menikmati sunset di sini. Berada di desa Sumber Dewe sari dan Desa ranuklindungan, dulunya ada cerita mistis di Danau ini tetapi Seiring berjalannya waktu, Danau tersebut menjadi tempat wisata yang indah.

 

8. Wisata Bhakti Alam 

Objek wisata berikut yang memiliki ketinggian sekitar 500 mdpl dan berjarak sekitar 30 km dari pusat Kota Pasuruan. Di kawasan wisata ini ada sekitar 15 jenis buah-buahan yang bisa dibudidayakan seperti durian, kelengkeng, mangga dan jenis buah lainnya. Beberapa fasilitas juga disediakan seperti outbound dan fasilitas lainnya.

 

Resep Takjil Bongko Kopyor Khas Gresik
Ide Jualan Takjil : Resep Kue Bongko Pandan

Redaksi |Laporkan