Daerah

Desa di Lereng Arjuna Ini Bernama Sumberrejo

0
Please log in or register to like posts.

Desa Sumberejo merupakan desa dengan suasana udara yang sejuk dan air yang tak pernah berhenti mengalir.  Nama Sumberejo diambil dari kata sumber dan Rejo yang memiliki arti sumber dari kemakmuran. Desa Sumberejo merupakan desa yang terdiri dari lima Dusun yakni Dusun Kucur, Dusun Manggihan, Dusun Ketuwon Dusun Rejoso serta Dusun Pandansari.

Secara geografis, desa Sumberejo terletak di Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan. Desa ini memiliki luas wilayah sebesar 574, 67 hektar yang sebagian besar wilayahnya berada di sektor pertanian dan perkebunan.

Desa Sumberejo membentang di kawasan lereng gunung Arjuna dengan ketinggian rata-rata 400 hingga 800 meter diatas permukaan laut. 

Potensi terbesar masyarakat desa Sumberejo terdapat pada bidang pertanian dan perkebunan dengan jumlah penduduk sebanyak 6050 jiwa. Letaknya yang berada di dataran tinggi, Desa Sumberejo terkenal sebagai salah satu Desa penghasil buah durian di Kecamatan Purwosari.

Baca juga :  Mengenal Desa Sumbersuko Purwosari

Selain buah durian, Desa Sumberejo juga terkenal sebagai Desa penghasil kopi mulai proses penanaman hingga penggilingan. 

Sebagai penunjang aktifitas keseharian, warga desa terdapat fasilitas publik meliputi satu kantor desa, 6 masjid, 1 polindes serta 1 Posyandu.

Seiring dengan perkembangan zaman, Desa Sumberejo terus berkembang menjadi desa yang maju mulai dari UMKM hingga pariwisata. Sejumlah wisata alam yang dikelola sendiri oleh warga desa diantaranya jempinang rafting, kolam renang sumber kemado serta kafe alam sumber tumpeng. Sebagai desa yang menjunjung tinggi nilai pendidikan di desa Sumberejo terdapat satu PAUD 2 Taman kanak-kanak, 4 Sekolah Dasar 3 SMP serta 2 SMA untuk menunjang pendidikan calon penerus bangsa di tanah yang subur rakyat yang makmur. 

Baca juga :  Mengenal Desa Sumbersuko Purwosari

(sumber PMM UMM 2020)

 

Mengenal Desa Sumbersuko Purwosari
Tiga Destinasi Wisata Alam BUMDes Sumberejo, Ayo Pulang Kampung!

Redaksi |Laporkan

Beranda
Hot
Temukan
Mengikuti
Profil