Food & Travel

Desa Penghasil Alpukat Itu Bernama Jatisari

1
Please log in or register to like posts.

Jatisari merupakan salah satu desa di Kecamatan Purwodadi Kabupaten Pasuruan yang dikenal sebagai desa penghasil alpukat terbaik. Desa ini berbatasan dengan Desa Tambaksari di sebelah Utara, Desa Wonorejo-Lawang di sisi selatan ; berbatasan dengan hutan di sisi barat dan Desa Sentul di sisi timur.

Kepopulerannya sebagai Desa Penghasil Alpukat muncul setelah adanya Festival Alpukat pada tahun 2019 lalu. Para petani di desa setempat berlomba – lomba menunjukkan potensi hasil kebunnya melalui acara yang digagas oleh Averoes dan dihadiri oleh Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf tersebut.

Beberapa jenis alpukat yang tumbuh subur dan menjadi andalah di desa ini antara lain alpukat Arjuna, Pameling, Aligator, Florida dan Markus. Alpukat jenis ini memiliki tekstur yang tebal dan lembut sehingga sangat cocok digunakan sebagai campuran puding maupun es krim.

Satu pohon alpukat di desa ini mampu menghasilkan alpukat hingga 1,5 kwintal dengan berat per buah berkisar antara 1 kilogram hingga 1,5 kilogram.

Para petani alpukat di desa setempat biasanya menjual hasil panennya ke pasar Purwodadi, Lawang dan Pasuruan. Selain, tak jarang banyak juga para pedagang yang datang langsung pada petani untuk membeli dengan sistem borongan.

Baca juga :  Tiga Destinasi Wisata Alam BUMDes Sumberejo, Ayo Pulang Kampung!

Desa Jatisari terdiri atas 3 dusun yakni Penjalinan, Andongbang dan Trimo.

#1

Kanji Rumbi, Kuliner Khas Ramadan asal Aceh
Kedai Omah Mbah Sutinem Cowek Purwodadi

Redaksi |Laporkan