Food & Travel Hiburan Opini & Cerita Pendidikan Seni & Budaya

Ternyata Ini! Asal Mula Tretes Pasuruan

0
Please log in or register to like posts.

Tretes dikenal sebagai tempat yang sejuk, dan memiliki view yang indah karena letaknya berada di Kaki Gunung Welirang. Saat ini Tretes masuk dalam wilayah administratif Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan.

Asal mula Tretes berawal dari para laskar Kerajaan Mataram bekas pasukan Pangeran Diponegoro. Mereka merupakan bagian dari pasukan yang terlibat dalam Perang Jawa (1825-1830) melawan Kompeni.

Belanda menggunakan cara licik untuk membuat Pangeran Diponegoro keluar dari persembunyian yaitu dengan menggunakan alibi gencatan senjata. Akhirnya Pangeran Diponegoro bersama dengan Panglimanya Kyai Mojo dan Sentot Prawiradirja ditangkap.

Sementara para laskarnya berpencar ke daerah-daerah termasuk satu kelompok laskar yang menuju daerah sekitar Tretes maupun Lawang yang berada di Lereng Gunung Welirang dan Arjuno. Kelompok tersebut terdiri dari Buyut Kalia, Buyut Andan Bumi, Buyut Cendono, Buyut Syekh Jenar, Buyut Suradi dan Buyut Radiman (Klosot).

Baca juga :  Sejarah Upacara Pelantikan Presiden Soekarno di Keraton Yogyakarta tahun 1949

Meskipun orang-orang dalam kelompok tersebut terpisah, namun tali silaturahminya tetap terjaga. Buktinya kelompok tersebut sering berkumpul di tempat Buyut Kalia karena tempatnya indah, sejuk, dan memiliki air yang melimpah.

Begitu melimpahnya air di sana, bahkan orang-orang bisa menemukan air di setiap tempat. Kemudian tempat tersebut pun akhirnya diberi nama “Tretes” berasal dari kata air yang menetes (nretes).

Sampai sekarang pun Tretes masih terkenal dengan sumber air yang melimpah. Pasti sangat asyik bila membayangkan kehidupan masa itu dimana lingkungan di Tretes masih terjaga, asri dan sejuk.

Sosialisasi UU Cipta Kerja, Politisi Golkar Bener Niat Baik Pemerintah
Sah! Jokowi Keluarkan Perpres Supervisi KPK

Redaksi |Laporkan