Cara & Gaya Food & Travel

Cara Bakar Sate Kambing agar Empuk dan Tidak Bau Prengus

1
Please log in or register to like posts.

Gimana sih cara bikin sate kambing yang enak empuk dan tidak bau. Berikut tips dari penjual sate kambing :

– Pemilihan daging

Pilih daging betina yang usianya dibawah lima bulan karena memiliki serat yang lebih halus dan memiliki kandungan lemak yang lebih banyak.

Pemilihan jenis daging kambing yang digunakan akan berpengaruh besar terhadap keempukan sate, pembuatan sate lebih baik gunakan daging bagian paha belakang, punggung atau khas dalam karena bagian ini memiliki tekstur yang lebih empuk.

– Pemotongannya 

Potong bentuk dadu ukuran kecil alasannya ukuran besar dan bebal akan sulit matang secara merata. Saat memotong lihat alur seratnya dan ikuti arah serat. Selain itu, waktu memotong daging buang uratnya atau lapisan tipis yang berwarna putih pada daging.

Baca juga :  Cara Pakai Aplikasi Agar Menjadi Bak Seorang Pengantin di Tiktok

Di dalam satu tusuk sate kambing biasanya diisi tiga potong daging, satu lemak dan satu potong hati. Penambahan lemak atau gajih tujuannya agar rasa dari daging kambing menjadi lebih gurih.

– Pembakaran

Letakkan gajih atau lemak di tengah dan biar tidak hangus terbakar.

Menurut beberapa penjual sate kambing lebih baik jika daging kambing itu tidak perlu dicuci karena bisa membuat teksturnya jadi alot dan aromanya tidak sedap serta bisa merusak dari kualitas daging.

Selanjutnya, agar daging kambing tidak bau prengus bisa diberi bumbu seperti daun jeruk, bawang putih dan ketumbar lalu rendam daging kambing di racikan tersebut.

Selain mengurangi bau prengus, pemberian bumbu juga bisa jadi lebih gurih dan enak.

Baca juga :  Resep Takjil Bongko Kopyor Khas Gresik

Saat melakukan pembakaran bisa juga diberi bumbu olesan seperti jahe bawang putih dan kecap. Tujuannya yakni agar daging menjadi empuk. 

Selain itu, bisa juga dibungkus dengan daun pepaya sebelum dibakar kemudian celupkan daging kambing ke dalam bumbu kecap atau air kaldu.

Sementara, agar pembakarannya lebih baik lagi gunakanlah arang dari batok kelapa sehingga lebih panas dan suhunya bisa lebih stabil. Bakarlah sate sampai dengan matang, jangan lupa untuk dibolak-balik.

Nah untuk penyajiannya, sate kambing biasanya disajikan dengan potongan bawang merah, potongan tomat sambal, cabai atau potongan cabai jeruk limau dan bawang goreng.

Selamat Nyate Kambing!

Tips Sukses Cepat Dapat Kerja
10 Kampus Mahal ‘Anak Sultan’ di Indonesia

Redaksi |Laporkan

Beranda
Hot
Temukan
Mengikuti
Profil