View Gallery
Seni & Budaya

Melihat Kirab Puji Jagad dalam Prosesi Merti

0
Please log in or register to like posts.

Bupati Temanggung HM Al Khadziq hadir dalam prosesi Merti Dusun Lamuk Legok, Desa Legoksari, Kecamatan Tlogomulyo, Kabupaten Temanggung, Rabu (13/7/2022).

Turut mendampingi Bupati, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Saltiono Atmadji, Forkompimcam Tlogomulyo, budayawan Andi Yoes Nugroho, alim ulama, tokoh masyarakat, dan tamu undangan.

Dalam prosesi Merti Dusun ini diadakan Kirab Puji Jagad keliling Dusun Lamuk Legok, menuju mata air Tuk Kembang Ringin (Tuk Kali Ringin), arak-arakan budaya ini diikuti kelompok kesenian antara lain reog Ponorogo, drum band, jaran kepang, dan topeng ireng.

Diawali menyanyikan lagu Indonesia Raya dan membaca Pancasila, upacara prosesi Merti Dusun Lamuk Legok mengangkat kearifan lokal dengan membawa dua gunungan yang berisi sayuran dan hasil bumi. Setelah sampai di Tuk Kali Ringin, kedua gunungan tersebut didoakan oleh sesepuh tokoh masyarakat Dusun Lamuk Legok, dan selanjutnya disedekahkan kepada masyarakat.

Baca juga :  Dua Tahun Libur, Pasar Seni Indonesia Buka Kembali

Bupati dalam sambutannya menyampaikan, Desa Legoksari adalah salah satu desa yang setia memegang adat dan tradisi, di wilayah Temanggung bagian selatan, hal ini bisa dilihat acara adat yang dilaksanakan rutin tiap tahun.

“Ini harus kita pertahankan dan harus menjadi menjadi contoh bagi desa-desa yang lainnya di Kabupaten Temanggung, sebab dimana desa itu memegang tradisi adat istiadat nenek moyang, maka pasti persaudaraan silaturahmi guyub rukun masyarakat masih bisa kita jaga semuanya,” katanya.

Kirab Puji Jagad ini merupakan ritual bagi masyarakat Desa Legoksari untuk bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, karena diberikan kehidupan yang makmur.

“Kita diberikan sumber mata air melimpah yang jernih, dimana sumber mata air ini sebagai sumber kehidupan dan penghidupan masyarakat, diberikan tanah yang subur makmur, ditanami apa saja hasilnya sangat baik, Desa Legoksari dan seluruh wewengkon desa ini terkenal diseantero jagad tembakaunya, tembakau Srinthil, tembakau terbaik di seluruh dunia, ditanami Kopi Arabika juga terbaik dan paling khas,” ungkapnya.

Baca juga :  Ini Fakta Candi Jawi Pernah Tersambar Petir

Akhirnya, Bupati mengajak masyarakat untuk tetap menjaga suasana kehidupan yang baik ini, dan mendapatkan berkah dari Allah.

“Semoga dengan melaksanakan kirab Puji Jagad masyarakat Lamuk Legok dan Legoksari menjadi masyarakat sentosa dan raharja,” tandasnya

AFJ Dorong Indonesia Bebas Kandang Baterai 2030
Aston Madiun Bangkitkan Semangat Para Seniman Lukis

Redaksi |Laporkan

Beranda
Hot
Temukan
Mengikuti
Profil