Opini & Cerita

Ini Asal Usulnya, Kenapa Negara Ini Bernama Indonesia?

0
Please log in or register to like posts.

Tentang nama indonesia ini bernama dikulik dalam buku karya Mohammad Hatta berjudul Politik Kebangsaan, Ekonomi. 

Diceritakan bahwa pada masa Belanda mereka menjuluki dengan sebutan Nederlandsch – Indie atau Hindia Belanda yang konon dimulai sejak 1602 diselingi dengan penjajahan Prancis, Inggris dan Jepang).

Namun disaat yang sama ternyata nama Hindia memiliki kemiripin dengan wilayah lain sehingga seorang berkebangsaan inggris bernama George Samuel Windsor Earl mengusulkan dua nama yakni Indunesia atau Malayunesia. Kala itu, Earl justru lebih cenderung dengan nama Malayunesia daripada indunesia.

Penyebutan tersebut muncul pertama kali dalam sebuah jurnal ilmiah yakni Journal of the Indian Archipelago and Eastern Asia (JIAEA), yang terbit di Singapura. Jurnal ini ditulis oleh George Samuel Windsor Earl dan temannya yang bernama James Richardson Logan.

Baca juga :  Ternyata Ini! Asal Mula Tretes Pasuruan

Jika Earl lebih memilih melayunesia maka berbeda dengan Logan yang lebih suka dengan nama Indunesia. Ia bahkan menggantikan huruf U dengan huruf O sehingga menjadi Indonesia.

Sejarah tersebut dikuatkan oleh sejarahwan asal Inggris yang fokus pada sejarah modern indonesia, Peter Carey. 

Menurutnya. nama Indonesia digunakan pertama kali pada tahun 1920-an. Indische Sociaal Democratische Vereeeniging (ISDV) atau Perhimpunan Demokratis Sosial Hindia mengubah namanya sebagai Perserikatan Komunis Indonesia Hindia lalu berubah jadi Partai Komunis Indonesia pada akhir 1920.

Seiring berjalannya waktu, nama Indonesia pun mulai dikenal dan semakin dipopulerkan etnolog Jerman, Adolf Bastian melalui bukunya, Indonesien Oder Die Inseln Des Malayischen Archipels dan Die Volkev des Ostl Asien (1884). Kemudian pada tahun 1924, nama indonesia dipakai oleh sebuah koran bernama Indonesia merdeka yang diterbitkan oleh Perhimpunan Indonesia.

Baca juga :  Gojek dan AMSI Gelar Lomba Karya Jurnalistik Berhadiah Total Rp 250 Juta

Nama Indonesia kian menguat dengan munculnya ikrar sumpah pemuda dan proklamasi kemerdekaan RI.

 

Cincau, Minuman Tradisional Bercita rasa Tinggi
Ingin Main Twitter Lagi, Donald Trump Minta Pengadilan Banding AS Buka Gugatannya

Redaksi |Laporkan