Food & Travel Hiburan Pendidikan Seni & Budaya

Candi Borobudur : Bukti Kehebatan Leluhur

0
Please log in or register to like posts.

Candi Borobudur merupakan salah satu bangunan yang telah diakui serta dinobatkan menjadi situs keajaiban dunia. Keberadaannya menjadi bukti kehebatan peninggalan leluhur yang hingga kini masih berdiri kokoh. Candi Borobudur menunjukkan bahwa leluhur bangsa telah memiliki peradaban yang besar di masa lampau.

Berdasarkan catatan sejarah, Candi Borobudur didirikan pada tahun 780 M – 840 M dan disebut merupakan monumen Buddha terbesar di dunia.

Dinasti Syailendra (Mataram Kuno) yang menganut ajaran Buddha memang membangun Candi Borobudur sebagai tempat untuk memuliakan Budha dan tempat ziarah serta membimbing umat manusia dari keinginan duniawi menuju pencerahan dan kebijaksanaan menurut Buddha.

Candi Borobudur ditemukan oleh Sir Thomas Stanford Raffles pada tahun 1814 M dan selesai dibuka keseluruhan pada tahun 1835 M.

Candi Borobudur memiliki keunikan bentuk bangunan yang menggunakan gaya Mandala sebagai representasi lambang alam semesta.

Struktur candi sendiri berbentuk persegi empat dengan pusat di tingkat paling atas tengah berbentuk lingkaran yang digambarkan sebagai Nirwana. Adapun 3 tingkatan kehidupan yang tergambar dari relief yang ada di Candi Borobudur adalah Kamadhatu, Rupadhatu, dan Arupadhatu.

  1. Kamadhatu adalah dunia fenomenal yang dihuni oleh orang-orang biasa. Di dalamnya mengandung pesan tentang hukum karma.
  2. Rupadhatu adalah dunia transisi yaitu ketika manusia mulai dibebaskan dari hal-hal duniawi.
  3. Arupadhatu adalah tempat tertinggi dimana tempat para dewa bersemayam
Baca juga :  Kilas Balik Persekabpas : Semifinalis Liga Indonesia 2006
Selamat Datang di Situs Berita Kamu, YouKmu !
Cuma Tiktok Bersin, Siswa Banyuwangi Jadi Viral

Redaksi |Laporkan