https://youtu.be/1JhCT-AA-D8
Pendidikan

Pernah ada dua Republik Indonesia dalam Sejarah NKRI.

0
Please log in or register to do it.

Sejarah mencatat bahwa Indonesia pernah menjadi sebuah negara serikat. Hal tersebut lantaran desakkan pihak Belanda dan Majelis permusyawaratan federal bentukan Belanda (BFO) yang termuat dalam Konferensi Meja Bundar (KMB) pada 1949.

Hasil KMB memang lebih banyak merugikan bangsa Indonesia. Pembuatan RIS (Republik Indonesia Serikat) dimaksudkan agar negara tidak memiliki identitas persatuan, sehingga nantinya mudah untuk dipecah belah.

Pada saat itu ternyata ada 7 negara bagian RIS yang pernah mewarnai sejarah bangsa ini. Beberapa diantaranya adalah RI (Republik Indonesia) yang berpusat di Yogyakarta, NIT (Negara Indonesia Timur) yang wilayahnya mencakup Bali dan Sulawesi, Pasundan (Sebagian wilayah barat Jawa, kini Jawa Barat), Jawa Timur yang dipimpin RTP Koesoemonegoro, Madura, Negara Sumatra Timur, dan Negara Sumatera Selatan.

Pada 17 Agustus 1950 RIS dibubarkan lantaran banyak kalangan menolak bentuk negara serikat. Masyarakat tidak puas karena ada campur tangan Belanda dalam pemerintahan.

Namun, di luar dari pro dan kontra yang terjadi pada saat itu. Momen tersebut merupakan catatan sejarah yang mengisi buku perjalanan bangsa Indonesia.

Tragedi Tenggelamnya Tank Amfibi di Ranu Grati 1979
Chelsea Dapatkan Jadwal Berat Saat Natal. Manchester United dan Liverpool diuntungkan

Redaksi |Laporkan

Beranda
Hot
Temukan
Mengikuti
Profil